Perubahan itu Perlu

Sabtu, 02 April 2011

PAPUA (The Unique Heritage and Culture)

INTRO
>> Negara Republik Indonesia merupakan negara eksotis dengan berbagai provinsi dan suku yang bermacam-macam.Salah satunya adalah papua yang merupakan provinsi terluas yang terletak dibagian Timur Indonesia.

“Papua merupakan daerah harapan” adalah kata yang diucapkan oleh salah seorang asli Papua yang kami temui saat melakukan konservasi ke TMII. Kenapa demikian ??Ini karena daerah Papua belum banyak dipenuhi oleh aktivitas manusia dan juga Papua kaya akan sumber daya alam yang menjanjikan peluang untuk berniaga dan berkembang.Tanahnya yang luas dipenuhi oleh hutan, laut dan berbagai biotanya yang sebenarnya sangat menjanjikan dalam bidang pertanian.Selain itu juga, dalam perut buminya menyimpan gas asli, minyak dan berbagai bahan galian yang hanya tinggal menunggu untuk diolah.Selain dari struktur alamnya,hal lain yang menarik untuk dibahas adalah tentang pariwisata,adat istiadat,sosial dan bahkan sejarahnya.

PAPUA :: Sejarah Singkat...

>> Nama PAPUA berasal dari pelaut Portugis ketika pertama kali mereka melihat pulau ini pada tahun 1511 yang kemudian mereka menamakan Ilhas dos Papuas yang berarti kurang lebih 'pulau dihuni orang berambut halus'.Tapi berbeda dengan para pelaut Belanda yang kemudian menyebut Papua dengan New Guinea karena kulit orang Papua mengingatkan mereka dengan orang Guinea di Afrika,yang identik sekali dengan kulit hitam. Nama Irian sendiri berasal dari bahasa Biak (salah satu pulau di utara Papua) yang berarti 'daratan panas yang muncul dari laut'. Di bawah pemerintahan Belanda, Papua dikenal dengan sebutan Dutch New Guinea dan ketika wilayah ini beralih ke Indonesia namanya diubah menjadi Irian Barat, kemudian Irian Jaya pada jaman presiden Soeharto, dan sekarang menjadi Papua sejak jaman pemerintahan presiden GusDur.
>> Kekuasaan Belanda atas Papua (New Guinea) diperoleh melalui Kesultanan Tidore yang ketika itu berada di bawah kontrol Belanda. Belanda memberikan kewenangan kepada Tidore pada tahun 1660 atas wilayah New Guinea. Dengan demikian New Guinea secara tidak langsung juga berada di bawah kontrol Belanda. Walaupun berada d bawah kekuasaan Belanda namun New Guinea secara ekonomi tidak terlalu menarik perhatian Belanda kecuali perusahaan Amerika dan Jepang yang tertarik untuk mulai melaukan eksplorasi mencari cadangan minyak di daerah ini.
>> Pada perang dunia II, New Guinea diduduki tentara Jepang namun seiring dengan kekalahan Jepang dan berakhirnya perang dunia, Belanda kembali masuk ke wilayah ini. Belanda mulai menarik diri dari Indonesia karena berbagai tekanan internasional menyusul penyerahan kedaulatan dari Belanda kepada Indonesia. Namun Belanda masih tetap mempertahankan Papua. Indonesia menuntut Belanda untuk mengembalikan Papua kepada Indonesia sesuai dengan perjanjian bahwa seluruh bekas wilayah kekuasaan Belanda (Dutch East Indie) dikembalikan kepada Republik Indonesia. Pada tahun 1962 Indonesia mengirimkan pasukan militer ke Papua namun kurang berhasil.
>> Belanda mengusulkan agar dilakukan referendum bagi masyarakat Papua namun Indonesia manawarkan musyarawah diantara tokoh masyarakat Papua. Pada tahun 1969 pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa musyawarah yang dilakukan di tiga tempat yaitu Merauke, Jayawijaya, dan Paniai menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan Papua bergabung dengan negara Kesatuan Republik Indonesia. Lalu akhirnya Papua menjadi propinsi ke-26 di negara Republik Indonesia.

PAPUA::Ketahui Geografis dan Iklimnya..

>> Jangan bilang tahu letak Papua hanya sebatas ‘wilayah timur Indonesia’ aja.Tapi coba baca yang ini,agar tahu lebih banyak tentang Geografisnya plus Iklimnya.Papua terletak pada kedudukan 0° 19' - 10° 45' LS dan 130° 45' - 141° 48' BT, menempati setengah bagian barat dari Papua New Guinea yang merupakan pulau terbesar kedua selepas Greenland. Secara fisikal, Papua merupakan daerah (provinsi) terbesar di Indonesia, dengan luas daratan 21,9% dari jumlah kesuluruhan tanah seluruh Indonesia yaitu 421,981 km², membujur dari barat ke timur (Sorong - Jayapura) sepanjang 1,200 km (744 batu) dan dari utara ke selatan (Jayapura- Merauke) sepanjang 736 km (456 batu). Selain daripada tanah yang luas, Papua juga memiliki banyak pulau sepanjang pesisirannya. Di pesisiran utara terdapat Pulau Biak, Numfor, Yapen dan Mapia. Pada bagian barat ialah Pulau Salawati, Batanta, Gag, Waigeo dan Yefman. Pada pesisiran Selatan terdapat pula Pulau Kalepon, Komoran, Adi, Dolak dan Panjang, sedangkan di bahagian timur bersempadan dengan Papua New Guinea.Jadi pantas aja kan jika secara garis besar Indonesia disebut sebagai negara kepulauan.Buktinya adalah 1 provinsi saja memiliki banyak pulau didalamnya.Bagaimana dengan provinsi lain nya ??

Lalu iklimnya ?? Papua terletak tepat di sebelah selatan garis khatulistiwa, namun karena daerahnya yang bergunung-gunung maka iklim di Papua sangat bervariasi melebihi daerah Indonesia lainnya. Di daerah pesisiran barat dan utara beriklim tropika lembap dengan tadahan hujan rata-rata berjumlah diantara 1.500 - 7.500 mm pertahun. Tadahan hujan tertinggi terjadi di pesisir pantai utara dan di pegunungan tengah, sedangkan tadahan hujan terendah terjadi di pesisir pantai selatan. Suhu udara bervariasi sejajar dengan bertambahnya ketinggian. Untuk setiap kenaikan ketinggian 100 m (900 kaki ), secara rata-rata suhu akan menurun 0.6°C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar